3 Cara Mengukur Lingkar Dada yang Benar

Menggunakan patokan ukuran standar baju seperti XS, S, M, L, dan XL terkadang tidak sama antar produk pakaian. Tak jarang, beberapa produsen memberikan penjelasan terpisah mengenai detail ukuran, seperti lebar baju, panjang baju, panjang lengan, hingga lebar dada. Oleh karena itu penting sekali untuk mengetahui ukuran lingkar dada sendiri, sehingga memudahkan kamu dalam menentukan ukuran baju yang akan dibeli.

Terlebih bagi kaum wanita, karena sudah pasti lingkar dada berbeda dengan pria. Lalu bagaimana cara mengukur lingkar dada supaya tidak salah beli pakaian? Berikut ini ada beberapa cara untuk mengukur lingkar dada yang dapat kamu lakukan sendiri.

Cara Mengukur Lingkar Dada Dengan Meteran

Langkah pertama yang paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan meteran jahit. Pasti dirumah kamu ada alat ukur panjang yang satu ini bukan? Cara mengukur lingkar dada menggunakan meteran jahit sangatlah mudah dan praktis. Kamu bisa melakukannya sendiri atau bisa minta bantuan orang lain.

Ada bisa melingkarkan meteran jahit ke dada kamu, luruskan dengan bagian ketiak, punggung, dan dada kamu. Jika sudah lihat angka meteran yang menunjukkan luas lingkar dada kamu. Misalnya, lingkar dada kamu adalah 100 cm, sebaiknya tambahkan 4 – 6 cm lagi supaya baju yang akan kamu pakai lebih terasa nyaman saat digunakan.

  • Menggunakan Penggaris
  • Jika dirumah kamu tidak memiliki meteran jahit, kamu bisa menggunakan penggaris. Konsepnya hampir sama seperti meteran jahit, namun karena penggaris memiliki keterbatasan panjang. Kamu bisa mengukur lingkar dada dengan penggaris dengan mengukur baju. Caranya, letakkan baju di tempat yang datar dan rata, kemudian ukur lebar baju dengan penggaris sudut bagian ketiak ke sudut satunya. Kemudian kalikan 2 untuk mendapatkan ukuran lingkar dada yang ideal dan proporsional.

  • Menggunakan Tali
  • Cara mengukur lingkar dada menggunakan tali sering kali dilakukan saat keadaan terdesak. Caranya sama seperti menggunakan meteran jahit, dengan melingkarkan di dada, ketiak, dan punggung. Untuk mengetahui panjang tali yang melingkar, gunakan penggaris untuk mendapatkan ukuran tepatnya.

    Tips Cara Mengukur Lingkar Dada Perempuan

    Saat hendak membeli atribut olahraga perempuan, seperti sport bra, banyak dari mereka sedikit dibingungkan karena, sport bra menggunakan size huruf XS, S, dan seterusnya, namun memiliki cup. Untuk itu, cara mengukur lingkar dada harus akurat agar sport bra nyaman saat dipakai. Mengutip Look Smart Alterations, berikut tips cara mengukur lingkar dada perempuan saat memilih sport bra.

    1. Tempatkan tali atau meteran jahit tepat dibawah payudara, pastikan rata dan pas serta bisa merasakan tulang dada.
    2. Untuk mendapatkan ukuran sport bra yang tetap, atur meteran jahit menempel pada bagian areola.
    3. untuk angka ukuran yang memiliki selisih, sebaiknya dilakukan pembulatan angkatnya naik (134,2 cm menjadi 135 cm).
    October 13, 2021 — Erwin Petas